FRUGAL LIVING, jawaban untuk Gen Z hidup di era sekarang!     Assalamualaikum guys!   Bagaimana 2023 bagi kamu ? Banyak rezeki ? Banyak ta...

FRUGAL LIVING! Jawaban buat Gen Z hidup di Era sekarang!

 FRUGAL LIVING, jawaban untuk Gen Z hidup di era sekarang!

 

 

Assalamualaikum guys!


 

Bagaimana 2023 bagi kamu ? Banyak rezeki ? Banyak tantangan ? atau Banyak pembelajaran yang didapat di tahun ini ? 

 

Bagi saya, Tahun ini banyak sekali kejutan yang didapat. Dan syukurnya kejutan dalam artian baik. Tahun ini juga saya belajar salah satu konsep gaya hidup yang menurut saya cocok sekali diterapkan untuk Generasi 1997 – 2012 atau kita sebut dengan generasi Z.

 

Kalau kita liat, Gen Z ini sering banget dikaitkan dengan gaya hidup yang implusif, susah nabung, suka bersenang-senang, susah punya rumah, dan punya isu kesehatan mental.

 

Pertanyaannya “Apa benar ini salah generasi ini ?”

 

 

Bagi saya tidak. Sebagai salau satu orang yang lahir di kaum Gen Z. Saya berpendapat, kami punya banyak isu di masyarakat di era sekarang. Di era dimana informasi yang tidak ada batasan, internet menjadi bagian dari hidup, dan cara menghibur diri salah satunya adalah dengan belanja atau liburan.

 

Mungkin iya, Generasi kami akan susah mempunyai rumah. Karena banyak faktor, salah satu dan menjadi utamanya adalah harga property yang gak masuk akal. Tiap Senin harga naik terus. Kalau gini terus, apa yang harus dilakukan Gen Z untuk hidup di era sekarang ? 


Jawabannya adalah mengenal gaya hidup FRUGAL LIVING.

 




 

Gaya hidup FRUGAL LIVING ini menjadi populer ketika covid-19 melanda dunia. Menurut internet, Frugal Living adalah kemampuan dan keinginan untuk bersikap cermat dalam penggunaan sumber konsumsi seperti makanan, waktu dan uang, serta menghindari segala sesuatu yang berlebihan atau boros.

 

Jadi bagi yang menerapkan hidup Frugal Living ini wajib memiliki kesadaran penuh untuk mengelola uang dan aset dengan rapi dan baik.

 

 

Berat ? Mungkin iya, tapi saya yakin kalau kita disiplin menerapkan ini, yang namanya Financial Freedom bukan lagi angan-angan. Tapi perlu digaris bawahi, kalau Frugal Living setiap orang berbeda-beda ya! Tergantung dengan kebutuhan sehari-hari. Bahkan saya dan kamu pun memiliki gaya frugal living yang berbeda.

 

Banyak sekarang orang yang menerapkan Frugal Living, dan salah satu role model saya adalah pasangan suami istri Samuel dan Claudya. Mereka adalah youtuber yang membahas career, family finance, dll.




 

Tertarik mengenal lebih dalam tentang Frugal Living ? atau bahkan sudah menjalaninya secara tidak sadar ? Kasih tau dong alasan kamu kenapa mau tau lebih lanjut Frugal Living di kolom komentar!

 

 

 

0 comments:

Terima kasih sudah singgah dan membaca. Semoga Bermanfaat :)