Assalamualaikum gaes!   Kali ini ngomongin yang lebih deep yuk, Ngomongin tentang diri sendiri.   Salah satu problem yang sering kita r...

Mengenal Anxiety dan Mengatasinya

Assalamualaikum gaes!

 

Kali ini ngomongin yang lebih deep yuk, Ngomongin tentang diri sendiri.  Salah satu problem yang sering kita rasakan, khususnya kamu yang masih mencari jati diri atau bahasa kerennya quarter life crisis adalah KECEMASAN.

www.adifebrian.com

 

 

Rasa cemas pada diri itu wajar aja. Itu yang menjadikan kita manusia. Tapi, Bagaimana rasa cemas ini menghantui kita ? Cemas yang berlebih bahkan parahnya tidak bisa kita mengontrol rasa cemasnya. Rasa cemas juga muncul ga diundang dan ga dijemput (horror ya ?) . Tapi memang begitu, Rasa cemas bisa muncul dengan trigger dari mana aja. Mungkin faktornya seperti : beradaptasi di tempat baru, Ketidakpastian tentang sesuatu. Dan faktor utamanya adalah Strees.

Kalau ngulik lebih dalam tentang Rasa Cemas ada namanya “Anxiety Disorder” . Udah pada kan dengan istilah “Anxiety” ini ? Atau sering dengar kata-kata ini tapi belum tau makna lebih dalam. Yuk kita ulik bareng-bareng tentang “Anxiety” ini.

Seperti yang saya bilang tadi, Rasa cemas bisa muncul kapan dan dimana saja, dan itu wajar. Tapi, tidak wajar kalau rasa cemas ini jadi berlebihan dan tidak bisa kendalikan. Dari rasa cemas yang positif, tapi bisa menjadi negative dan  tidak sehat secara psikologis, dan itu yang namanya “Anxiety Disorder”.

 

Pertanyaanya sekarang, Bagaimana Kalau mengalami Anxiety Disorder ?

Tenang, semua penyebab pasti ada solusi, Seperti mengalami Anxiety pasti solusinya. Penting banget mengetahui apa penyebab kenapa kamu terkena Anxiety,  dan bagaimana mengatasinya. Salah tiganya seperti ini :

 

Tidur yang Cukup

www.adifebrian.com

 

 

Kita tau masalah utama yang dialami adalah tidur yang tidak cukup. Apalagi kamu yang berada di usia “quarter life crisis”  tidur yang berkualitas adalah hal yang langka. Ada saja yang menghambat. “Gimana yaa nanti guenya ? Bakal jadi orang sih gue nantinya ?” atau seputaran percintaan yang kadang-kadang menjadi persoalan. Karena banyaknya distraksi itu, Kita mudah mengalami Anxiety Disorder.

Saya ada saran buat kamu yang mengalami pertanyaan seperti itu. Coba tuliskan apa saja yang kamu pikiran di kertas. Semerawut apapun tulisannya, Se-abstrak apapun, ditulisin aja. Bantu pikiran kamu menguraikan apa saja yang menjadi benang kusutnya. Kalau sudah, insyaAllah bakalan lebih tenang, dan kamu bakalan lebih mudah tertidur.

 

Kurangi Kafein

www.adifebrian.com

 

 

Saya yakin banyak diantara kita yang menjadi penikmat kopi. Ga ada yang salah mengkonsumi kopi. Menurut saya, kopi adalah minuman terbaik di dunia. Walaupun rasanya pahit tetapi penikmatnya selalu bertambah. Ada tapinya nih buat kamu coffee addict, Kamu harus tau porsi kafein yang masuk dalam tubuh kamu. Jangan selalu dipaksa untuk selalu produktif. Seperti toko, kamu harus tau kapan toko kamu tutup. Kamu harus bijak dengan tubuh kamu. Kapan waktu di produktif dan kapan harus istirahat.

 

Meditasi

www.adifebrian.com

 

 

Seperti membenarkan benang kusut, kita harus diam dan tenang untuk meluruskan benang. Seperti itu juga dengan pikiran kita. Ada pikiran bisa bisa menggangu dan tidak bisa kita cegah buat masuk ke dalam otak. Kalau sudah banyak pikiran banget, melakukan sesuatu aja susah banget buat fokus. Kalau sudah seperti itu, Alarm buat diri kita untuk rehat dari kegiatan, Buat badan relaxs dan nikmati setiap hembusan nafas yang masuk dan keluar. Tujuannya sama, agar pikiran yang kusut bisa menjadi lurus.

 

 

 

 

 

Ngomongin Anxiety emang ga ada habisnya, Selalu ada faktor yang membuat kita mengalami Anxiety, Khususnya kita yang sedang berada di fase quarter life-crisis . Banyak hal yang menjadi faktor. Dan tentunya orang-orang bakal mengalami anxiety dengan faktor yang berbeda-beda. . Mungkin di artikel ini saya membahasnya masih terlalu dangkal, masih dipermukaan. Tapi harapannya saya tinggi, Semoga dapat membantu kamu melewati fase ini. Dunia emang gitu, selalu ada hal yang tidak terduga. Tapi tenang, kamu ga sendiri :)

 

Sebelum pamit, ada lagu yang bagus tentang Anxiety. Enjoy :)

 

0 comments:

Terima kasih sudah singgah dan membaca. Semoga Bermanfaat :)