Assalamualaikum gaes 😊 Semoga dalam keadaan selalu 😊 Kali ini saya bakal ngomongin sesuatu yang melekat banget dekat diri kita. M...

MUSIK . JIWA . RASA

Assalamualaikum gaes 😊 Semoga dalam keadaan selalu 😊


Kali ini saya bakal ngomongin sesuatu yang melekat banget dekat diri kita. MUSIK. Siapa sihh di dunia yang tidak mendengarkan mahakarya satu ini ??? Kayaknya semua orang mendengarkan dan menyukainya. Dari musik juga orang yang awalnya sama-sama asing bisa menjadi akrab karena kesamaan selera dalam musik.

www.adifebrian.


Musik juga bisa menempatkan dirinya dengan baik di emosi kita. Bahkan bisa mengambil alih seluruh emosi kita. Itu juga kenapa kita suka mendengarkan musik yang sesuai dengan kebutuhan mood kita. Dan menurut Christoper Small (seorang pengamat musik) pernah bilang “Bahwa musik bisa mendefinisikan bagaimana diri seseorang, Bagaimana hubungannya dengan dunia luar dan orang sekitarnya”.

Bener banget sih ini. Biasanya juga saya mendengarkan lagu yang sesuai dengan apa yang di rasa, suasana, mood yang saat itu. Dan menurut penelitian selera musik seseorang di kaitkan dengan kepribadiannya. Dikutip dari kompas.com , Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Cambridge dan beberapa universitas di AS, dengan merekrut 21.000 peserta dalam survei online terpisah. Diminta mendengarkan 25 ekstraksi musik yang masih asing di telinga mereka. Mereka diminta memilih musik mana yang disukai.

Hasilnya orang yang memiliki kepribadian neurotisisme dengan musik menghentak, Orang yang energik suka mendengarkan akustik, Yang imajinasinya tinggi mendengarkan dalam opera. Jadi kesimpulannya, kepribadian seseorang akan menentukan.

Nah kalau lagi anda, yang sekarang sedang sering dengerin lagu bertemakan kisah cinta. Mungkin lagi kasmaran. Yang lagi sering dengerin lagu yang membuat semangat, Mungkin sedang penuh semangat. Atau yang lagi sering dengerin lagu bertemakan sedih, bisa jadi patah hati. Tapi selera lagu ini bersifat persuasif. Artinya selera musik ditularkan. Itu juga yang saya lakukan di dalam playlist dengan nama “SOUL”.

Nama “SOUL” sendiri hadir karena musik memang seperti itu. Dia memiliki karakter di setiap melodinya memiliki rasa di ritmenya. Memiliki jiwa disetiap karyanya. Jadilah hadir lah ‘SOUL’ . Nah kali ini mungkin kita satu selera atau beberapa lagu yang sama-sama kesukaan kita.

















 “Musik adalah sebuah aktivitas. Sesuatu yang dilakukan seseorang. Hanya dengan memahami apa yang dilakukan seseorang ketika mereka terlibat dengan musik, kita bisa memahami peran penting yang diisi musik dalam kehidupan manusia. Ambil bagian dalam bermusik adalah kepentingan utama untuk kemanusiaan.”

–Christoper Small

1 comment:

Terima kasih sudah singgah dan membaca. Semoga Bermanfaat :)